oleh

Resmikan Gedung K9, Polda Metro Jaya Bangun Ekosistem Kesejahteraan Satwa

JAKARTA, InfoSenator.com– Bertempat di Mako K9, Kapolda Metro Jaya bersama Pejabat Utama Polda Metro Jaya (PMJ), meresmikan gedung K9, unit satwa Polda Metro Jaya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh PJ Gubernur DKI Jakarta, Pangdam, Kampus, Komunitas Pecinta Hewan, Animal Defender, Perhimpunan Dokter Hewan, Industri pendukung hingga UMKM yang berhubungan dengan kehidupan satwa.

“Saya tidak ingin acara ini dimaknai hanya sekedar ‘Peresmian’. Momentum hari ini merupakan sebuah awalan; awal kita berdiskusi, awal kita berubah, momentum yang inklusif dan terbuka. Saya ingat pada bulan Desember 2021 saya datang ke sini, teriuh hati saya melihat kondisi yang ada, tidak banyak berfikir, saya rasa ‘asa Kemanusiaan’ tidak hanya untuk ‘Manusia’ saja, ini saatnya PMJ menunjukkan ‘Rasa Kemanusiaan’ sesama makhluk hidup, khususnya Satwa,” ujar Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran, Rabu (2/11/2022).

“Saya ingin fasilitas ini tidak hanya menjadi sekedar fasilitas, K9 harus menjadi Lab Hidup yang tumbuh, menjadi sebuah ekosistem yang berguna untuk lingkungan sekitar. K9 harus dapat menjadi rumah untuk satwa K9 dan juga rumah bagi masyarakat umum, khususnya pecinta, pemerhati, bahkan perlindungan satwa, inilah yang dimaksud dengan pelayanan terhadap satwa,” lanjut Kapolda Fadil.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Prof Deni Noviana mengapresiasi dan menyambut baik peresmian tersebut.

“Kami menyambut baik peresmian ini. Kampus siap mendukung aktivitas K9 melalui program penelitian, pengiriman mahasiswa magang, penguatan kapasitas dokter K9 agar selalu update dengan pengetahuan dan ketrampilan baru,” ungkap Prof Deni Noviana.

Senada, aktivis satwa (Animal Defenders), Doni Herdaru, yang sering melakukan aksi penyelamatan satwa di berbagai wilayah Nusantara menyampaikan bahwa fasilitas K9 ini layak menjadi percontohan, bahkan bisa dibilang salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Sedangkan Aviani Malik, pecinta hewan, menyampaikan bahwa ajakan Polda Metro Jaya untuk melakukan kolaborasi menjadi penting, mengingat penyelamatan satwa-satwa di luar sana memerlukan dukungan aparat kepolisian.

Adapun Gedung K9 Unit Satwa Terbaru Milik Polda Metro Jaya terdiri dari 35 Kandang Satwa, Ruang Kebersihan Untuk Satwa, Ruangan Lab Satwa, Kolam Renang dan 2 Ruang Staff.

Masing-masing kandang dilengkapi ruang yang layak untuk tidur hingga sanitasi. Kondisi kandang dimonitor 2 CCTV setiap kandang, dan kipas untuk sirkulasi.

Inisiatif perubahan di Gedung K9 juga ditandai dengan membangun ekosistem kesejahteraan satwa, termasuk mendorong UMKM produk kebutuhan satwa seperti: makanan, kandang, asesoris, salep, untuk meningkatkan kapasitas mereka, dari mulai membantu perijinan, hingga pemasaran, oleh Subdit Indag, Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

Secara berkala subdit Indag Ditreskrimsus melakukan komunikasi dengan pelaku usaha lokal yang sudah giat berjualan secara online maupun offline, untuk memfasilitasi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) serta Nomor Induk Berusaha (NIB).

Selain itu, Subdit Indag Ditreskrimsus juga melakukan edukasi tentang strategi agar UMKM dapat semakin sehat dan siap bersaing secara global sesuai dengan tata aturan yang ada.

Komentar

Tinggalkan Balasan