oleh

Ini Alasan La Nyala Bakal Gugat Presidential Threshold Jadi 0%

JAKARTA, INFOSENATOR.COM ā€“ Sejumlah kalangan masih terus mengkritik Presidential Threshold yang belakangan ini menjadi pembicaraan di kalangan politisi yang menilai sangat merugikan rakyat.

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti ikut membeberkan alasan DPD RI menggugat ambang batas pencapresan atau presidential threshold menjadi nol persen. Di depan Ketua KPK Firli Bahuri, La Nyalla menyampaikan bahwa presidential threshold 20 persen akan membuka lahirnya calon presiden boneka.

“Presidential threshold setinggi itu akan membuka lahirnya calon presiden boneka. Kemudian pasti akan ada kompromi-kompromi politik,” kata La Nyalla seperti dukuip dari detikcom, Selasa (14/12/2021).

Menurutnya, ambang batas pencapresan 20 persen akan menyebabkan terjadinya konflik berkepanjangan. Bahkan, konflik itu bisa sampai berdarah-darah.

“Karena calonnya cuma dua. Membelanya sampai mati-matian, yang terjadi kemudian berantem, berselisih dan itu masih terjadi sampai detik ini,” ujarnya.

La Nyalla mengatakan ambang batas pencapresan yang tinggi akan menutup pintu masuk anak-anak bangsa yang memiliki potensi untuk maju menjadi pemimpin. Menurut La Nyalla, calon pemimpin yang diusung akan sedikit jika ambang batas tetap tinggi.

“Belum lagi dengan ambang batas yang tinggi, semakin sedikit juga calon pemimpin yang bisa diusung. Padahal banyak sekali anak-anak bangsa yang mampu sebagai pemimpin. Tapi karena ada ambang batas itu jadi tidak bisa. Jadi tertutup sudah,”

(sumbertambahan:detikcom)

Komentar

Tinggalkan Balasan